Angkat Janji Mahasiswa Universitas Santo Borromeus: Mahasiswa Fakultas Vokasi USTB Siap Membentuk Karakter Profesional dengan I-CARE

(Padalarang, 15 Mei 2024) Universitas Santo Borromeus (USTB) mengadakan acara Angkat Janji Mahasiswa pada Rabu, 15 Mei 2024 yang melibatkan dua program studi, yaitu Diploma Tiga Rekam Medis dan Informasi Kesehatan serta Diploma Tiga Farmasi. Acara yang mengusung tema “Grow together to Build Professional Character with I-CARE” ini memiliki makna penting, yaitu mendorong mahasiswa dari berbagai profesi kesehatan untuk tumbuh bersama dalam membentuk karakter I-CARE sehingga menjadi tenaga profesional yang siap melayani di bidang masing-masing. Acara ini dihadiri oleh sekitar 90 peserta, termasuk 50 mahasiswa angkat janji dari kedua program studi, dosen dan staf USTB, perwakilan BEM BPM USTB serta tamu undangan dari RS Santo Borromeus, RS Cahya Kawaluyan, dan Apotek 33.

Pembelajaran praktik adalah kunci dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa kesehatan. Praktik kerja lapangan yang akan dijalani oleh mahasiswa menjadi sarana untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh di kampus ke dalam pelayanan kesehatan nyata, serta menambah wawasan akademik melalui pengalaman langsung. Upacara angkat janji ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk bergabung dalam profesi rekam medis dan farmasi, dengan penekanan pada tanggung jawab terhadap diri sendiri, klien, dan Tuhan.

Kegiatan dimulai dengan misa syukur yang berlangsung pukul 09.00 di Abipraya RS Cahya Kawaluyan, dipimpin oleh Romo Antonius Dadang, OSC. Misa ini juga mencakup pemberkatan pin dan lilin yang akan digunakan dalam upacara angkat janji. Setelah misa, acara dilanjutkan di Auditorium USTB. Mahasiswa USTB dari Tingkat 1 Program Studi Diploma Tiga Rekam Medis dan Informasi Kesehatan serta Tingkat 2 Diploma Tiga Farmasi memasuki ruangan dengan disambut tarian daerah Sunda.

Penyematan pin mahasiswa Diploma Tiga Farmasi dilakukan oleh Dekan Fakultas Vokasi, apt. Yovita Mercya, M.Si, dan Pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kepala Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Lanang Eko Sampurno, SST.MIK., M.Kom, melakukan penyematan pin kepada mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan didampingi Dekan Fakultas Vokasi. Setelah penyematan pin, seluruh peserta membacakan naskah janji dan menandatangani janji mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa menampilkan lagu dari masing-masing kelas, yang mencerminkan semangat mereka untuk menghadapi praktik kerja lapangan.

Rektor USTB, Ns. Elizabeth Ari Setyarini, S.Kep., M.Kes., AIFO, memberikan sambutan dengan pesan agar mahasiswa menunjukkan karakter profesional berdasarkan nilai-nilai I-CARE yang telah diperoleh selama belajar di USTB saat mereka melakukan praktik nantinya. 

Acara ditutup dengan penampilan lagu “Merakit” dari Yura Yunita, dinyanyikan bersama oleh mahasiswa angkat janji sebagai simbol komitmen untuk bekerja sama secara maksimal dalam pelayanan kesehatan. Acara ini juga menjadi langkah awal 50 mahasiswa Fakultas Vokasi USTB untuk nantinya dapat menunjukkan nilai-nilai I-CARE melalui kerja profesional mereka saat menjalani praktik kerja lapangan.

Selamat!

 

(NDC)